10 Cara Melatih Ayam Agar Tidak Main Bawah

By | October 1, 2018

10 Cara Melatih Ayam Agar Tidak Main Bawah – Berlainan lewat cara pelihara ayam petelur yang tidak mempunyai bertanding, ayam bangkok mempunyai style bertanding yang begitu beragam seperti tempat ayam bangkok biasanya seperti type atas serta bawah yang dapat tampak dengan jelas dari 10 menit ronde pertama, ronde ke-2 serta beberapa ronde selanjutnya.

Karena itu, konsumen ayam mesti lakukan eksperimen tarung atau abar terlebih dulu saat 1 sampai 2 ronde supaya tahu tempat serta tehnik dari ayam bangkok yang akan dibeli itu.

Tempat ayam main bawah memang berkesan mengalah waktu bertanding, kurang berani waktu bertemu dengan ayam lainnya serta beberapa perihal yang lain hingga kurang disukai beberapa pencinta ayam.

Saat ayam gagal membanderol rivalnya dari atas, jadi ayam itu akan beralih ke sisi kepala bawah lawan serta seringkali menyelinap ke sayap atau sisi bawah kaki paha. Dalam penjelasan kesempatan ini, kami akan memberi langkah melatih ayam supaya tidak main bawah yang dapat anda lakukan pada ayam peliharaan anda.

10 Cara Melatih Ayam Agar Tidak Main Bawah

1. Tempat Tempat Pakan Tidak Lebih Tinggi Dari Tembolok
Langkah pertama yang dapat dikerjakan untuk melatih ayam supaya tidak main bawah ialah tempatkan tempat tempat pakan tidak tambah tinggi dari tembolok. Ini bermanfaat untuk melatih otot tengkuk ayam. Diluar itu, tempat pakan dapat juga digerakkan ke kanan serta kiri dengan ketinggian 1.5 cm dari basic. Diluar itu, yakinkan irama kaki ayam menyilang ke kiri serta ke kanan.

Kadang-kadang tempat pakan dapat juga dibikin mengelilingi badan ayam seperti pergerakan kepala ayam lawan serta imbuhkan juga pergerakan maju mundur di antara kaki ayam. Latihan ini dapat dikerjakan waktu ayam tengah lapar saat 15 menit serta janganlah kelamaan agar tidak mengganggu nafsu makan ayam.

2. Latihan Leher Pada Tergeran Berayun
Latihan leher diatas tergeran yang berayun ini berperan agar ayam tidak sangsi ragu waktu melepas pukulan serta langsung kembali pada tempat sebelumnya setelah lakukan pukulan serta tidak langsung terjatuh. Latihan ini dapat dikerjakan menggunakan pergerakan prima dengan perlahan-lahan serta naikkan tempo dengan setahap sehari-hari waktu ayam tengah dikasih pakan yang pas dipakai untuk langkah menjaga ayam aduan muda.

3. Latihan Leher
Otot otot leher adalah otot yang terpenting untuk mendukung pergerakan ayam saat membidik lawan atau hindari serangan waktu bertanding. Otot leher yang fleksibel begitu baik untuk memenangi tiap-tiap ronde pertempuran sekaligus juga hindari ayam supaya tidak main bawah hingga ayam begitu memerlukan latihan leher itu.

Untuk langkah melatihnya lumayan sederhana yaitu memutar leher ayam menggunakan tangan mengarah kiri serta kanan dengan lembut sekitar 30 kali dengan waktu 1 detik tiap-tiap pergerakan serta dikerjakan tiap-tiap pagi. Yakinkan pergerakan dikerjakan dengan lembut supaya tidak menyakiti ayam.

4. Latihan Badan
Ayam akan mencari beberapa pergerakan ke semua arah untuk mencari celah memukul rivalnya. Bila badan ayam terlatih main bawah serta tidak dapat berjalan dengan baik, jadi pergerakan ayam akan tampak kaku hingga mesti dikasihkan latihan tubuh agar tidak kaki serta tetap main bawah sekaligus juga baik dikerjakan untuk langkah menyembuhkan ayam sakit. Triknya yaitu dengan lakukan senam tubuh tiap-tiap pagi yang dikerjakan dengan memutar tubuh ayam ke kiri serta kanan sekitar 30 kali serta selingi tangan ke salah satunya celah sayap lantas pergerakan ke kanan serta kiri.

5. Latihan Kaki
Latihan atau senam kaki sudah jadi latihan umum yang dikasihkan pemilik ayam terutamanya agar ayam tidak selamanya main bawah sekaligus juga tingkatkan potensi ayam saat berlaga hingga otot kaki dan lutut akan terlatih untuk berjalan serta tidak kaku. Untuk latihan kaki ini dapat dikerjakan dengan mendesak punggung ayam mengarah bawah serta depan sekitar 30 kali sehari-hari yang dikerjakan dengan lembut serta mesti teratur agar akhirnya dapat optimal.

6. Latihan Sayap
Latihan atau senam sayap yang dimaksud dengan janturan ialah tehnik latihan otot sayap agar dapat berjalan lebih fleksibel sebagai ciri ciri ayam bangkok berkualitas. Sama dengan senam kaki, latihan sayap ini dapat seringkali dikerjakan beberapa pemilik ayam. Janturan dapat dikerjakan lewat cara mengusung ayam setinggi mungkin dengan ke-2 tangan.

Untuk tangan kanan memegang dada dari arah belakang serta tangan kiri memegang pangkal ekor. Teruskan dengan melepas tangan kanan ke belakang dengan perlahan-lahan yang dibarengi dengan tangan kiri turun ke bawah. Langkah tersebut akan membuat ayam mengepakan sayap hingga otot serta sendi lebih kuat waktu main atas.

7. Latihan Lari
Ada cara-cara yang dapat dikerjakan dalam latihan lari seperti menggunakan alat spesial berbentuk kurungan putar, memakai tehnik simpel dan lain-lain. Apa pun langkah yang dipakai, latihan lari ini masih diperlukan bukan sekedar untuk menahan ayam main bawah akan tetapi juga melatih otot dan pernapasan ayam.

Langkah memberi latihan lari ini lumayan sederhana yaitu dengan mempersiapkan 2 kurungan ayam ukuran berlainan serta 1 ekor ayam bangkok yang lainnya. Kurung ayam penambahan pada kurungan kecil serta ayam yang akan dilatih ditempatkan diluar lantas kurung kembali dalam kurungan besar. Langkah tersebut akan membuat ayam selalu lari melingkari kurungan kecil sampai ayam capek. Akan tetapi jauhi melatih ayam sampai kecapekan karena ayam dapat stres. Kerjakan latihan ini seputar 20 menit saja.

8.Latihan Renang
Latihan ini memang banyak kuras tenaga ayam akan tetapi mempunyai faedah banyak sekali seperti diantaranya hindari ayam main bawah. Latihan renang ini akan membuat semua otot ayam jadi kuat sekaligus juga mengawasi stamina dan nafas makin panjang hingga dapat memenangi laga yang berjalan dalam tempo lamban.

Latihan renang ini dapat dikerjakan pada bak atau kolam biasa lewat cara tempatkan ayam dibagian tengah kolam hingga ayam akan berupaya untuk berjalan supaya tidak terbenam. Kerjakan langkah tersebut saat 20 menit sekitar 2 kali satu minggu saja.

9. Latihan Abar
Tidak hanya latihan fisik, ayam juga butuh latihan mental supaya tidak main bawah yang mempunyai latihan berlainan lewat cara menjaga ayam pelung. Coba untuk memberi latihan abar atau menggebrak ayam bangkok dengan ayam yang lain yang cukuplah dikerjakan sesaat saja. Bila ayam telah mempunyai jalu, jadi bungkus jalu itu agar aman.

10. Latihan Loncat
Latihan loncat ini dapat jadi langkah setelah itu agar ayam tidak selamanya main bawah hingga dapat memukul lawan saat ada di hawa atau di atas. Diluar itu, latihan ini akan meningkatkan tenaga agar hasil pukulan dapat optimal. Latihan loncat ini dapat dikerjakan lewat cara melempar ayam ke hawa dengan berkali-kali agar ayam berfikir bila ia tengah melawan musuh.

Sebelum mengawali latihan ini, yakinkan ayam telah dikasih pakan lebih dulu seputar 1 jam sebelum latihan. Pegang ayam serta angkat setinggi mungkin sampai kepala ayam ada dibawah serta biarlah sayap dan kaki ayam meronta serta mengepak. Latihan ini cukuplah dikerjakan seputar 2 menit saja serta janganlah kelamaan.

Sekian artikel yang kami berikan tentang 10 Cara Melatih Ayam Agar Tidak Main Bawah , dan semoga artikel yang kami berikan ini bisa bermanfaat untuk para pembaca atau para penghobi sabung ayam yang sedang mencari cara agar aya aduan tidak bermain bawah saat akan di adu , nantikan artikel menarik kami selanjutnya .