Mencetak Ayam Aduan Petarung Handal

By | April 12, 2018

Mencetak Ayam Aduan Petarung Handal – Cara mencetak ayam aduan petarung handal untuk beberapa pemula memanglah cukup menyusahkan karna umumnya penghobi ayam pemula belum juga punya kebiasaan dalam memperhatikan ayam aduannya. Kebingungan beberapa pemula sabung ayam ini umumnya juga akan keluar karna mereka mesti membesarkan ayamnya itu dengan beragam masalah yang mungkin saja juga akan mereka hadapi.

Menurut tajenbali.com , untuk merawat ayam aduan muda hingga menjadi ayam aduan dewasa dan siap tarung memang susah susah gampang. Untuk membesarkan ayam bangkok ini biasanya anda hanya akan berkecimpung dengan kandang, pakan, cara membersihkan ayam, jamu, dan pemberian suplemen serta pengendalian terhadap penyakit yang mungkin saja menyerang ayam anda.

Cara untuk pemeliharaan ayam Bangkok memanglah berlainan dengan cara memelihara ayam kampung umum. Ayam bangkok mesti dijaga dengan begitu cermat serta telaten supaya tercapai tujuan paling utama dalam meningkatkan ayam itu yakni membuatnya ayam petarung handal.

Dan kami sudah merangkum 5 poin penting dalam merawat ayam bangkok dari anakan hingga menjadi salah satu ayam petarung yang bisa dihandalkan oleh pemilik ayam tersebut.

5 Poin Penting Dalam Mencetak Ayam Aduan Petarung Handal

1. Pakan

Untuk pemeliharaan unggas ini tidak akan pernah lepas dari masalah pakan. Pakan merupakan modal awal para peternak baik itu ayam aduan maupun ayam petarung. Urusan pakan ini juga biasanya akan melibatkan banyak pengeluaran dalam proses pemeliharaan ayam ini. Oleh sebab itu, pemberian pakan ini haruslah diperhatikan secara detail. Jika pemberian pakan tidak sesuai dengan proses pemeliharaan maka pakan yang sudah anda beli tersebut akan menjadi sia-sia.

Jenis pakan biasanya akan disesuaikan dengan umur ayam bangkok tersebut, dan jika ayam sudah beranjak dewasa maka pakan akan disesuaikan dengan teknik bertarung dari ayam tersebut.

Anda dapat memberikan jagung pada ayam dengan tipe pukul. Jagung ini mengandung banyak sekali karbohidrat yang merupakan zat penting dalam menunjang terciptanya ayam bangkok dengan pukulan yang kuat.

Untuk ayam tipe jalu, anda dapat memberikan pakan dengan komposisi protein tinggi namun rendah lemak. Anda dapat memberikan jenis ayam ini Voor 592, Voor 594, beras merah, gabah dan konsentrat.

Pemberian pakan ini dapat dilakukan dengan timming yang pas yaitu pada saat sore hari dan pemberiannya dalam waktu 1 x sehari saja.

2. Memandikan

Jika anda terbiasa melihat ayam kampung yang membersihkan bulunya dengan cara bergumul dengan debu, maka berbeda dengan cara membersihkan tubuh ayam aduan petarung handal. Karena ayam bangkok ini merupakan ayam petarung yang harus memiliki kebugaran tubuh dan kebersihan agar membuatnya menjadi ayam yang lebih lincah pada saat ditandingkan. Dengan memandikan ayam bangkok maka akan menjaga kesehatan ayam tersebut dan terhindar dari berbagai macam penyakit yang mungkin menyerang ayam tersebut.

3. Kandang

Setiap cara yang anda lakukan akan menjadi sia-sia jika kandang yang ditempati oleh ayam anda jorok dan juga lembab. Kandang yang lembab biasanya akan membuat virus dan kuman-kuman penyakit bersarang disana. Penyakit yang saat ini paling ditakuti oleh penghobi ayam adalah penyakit flu burung. Biasanya kuman-kuman yang bersarang dikandang yang kotor dan lembab akan lebih cepat berkembang dan dapat menyerang ayam anda yang ditempatkan didalamnya.

Oleh karena itu para penghobi ayam wajib sekali untuk menjaga kebersihan kandang mereka sehingga menjauhkan ayam mereka dari berbagai jenis penyakit.

4. Jamu, Vitamin dan Suplemen untuk Ayam Aduan

Untuk pertumbuhan yang maksimal, penghobi ayam wajib memberikan jamu, vitamin dan juga beberapa jenis suplemen pada ayam peliharaan mereka. Anda dapat memberikan vitamin dan suplemen pada ayam anda secara rutin setiap harinya agar kesehatan dan perkembangan ayam anda menjadi lebih cepat dan baik. Untuk pemberian jamu sendiri dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari ayam itu sendiri.

5. Obat-obatan

Pemeliharaan ayam bangkok harus disesuaikan kondisi ayam tersebut. Jika ayam mengalami gejala penyakit, sebaiknya segera diberikan penanganan dan obat-obatan yang cocok dengan gejalanya tersebut. Penyakit umum yang biasa menyerang pada unggas adalah snot, ngorok, tetelo, asma, cacingan, flu burung dan masih banyak lagi jenis lainnya.