Warna Mata Ayam Berpengaruh Terhadap Mental

By | April 23, 2018

Warna Mata Ayam Berpengaruh Terhadap Mental – Beberapa Penghobi ayam ada yang menanyakan tentang Warna Mata Ayam dan pengaruhnya terhadap mental ayam aduan miliknya. Ada beberapa ayam aduan yang dianggap lebih baik dengan memiliki ciri-ciri warna mata ayam yang berbeda dari mata ayam biasanya.

Secara khusus memang ada yang demikian, namun bukan berarti harus memiliki warna mata special agar kualitasnya lebih baik. Terkadang pengaruh warna mata tersebut dapat diturunkan dari indukan.

Untuk menjawab pertanyaan dari para penghobi ayam tersebut mengenai warna mata ayam dan hubungannya dengan nyali ayam, tajenbali.com sudah merangkumnya khusus dalam artikel ini.

Jawabannya adalah “tidak“. Karena mental ayam sebenarnya diturunkan dari mental indukannya sendiri. Dengan memiliki indukan yang memiliki mental yang bagus, maka anakannya juga akan secara otomatis memiliki mental yang tinggi dan berkualitas sama seperti indukannya.

Jika dibahas tentang warna mata ayam dengan panjang lebar, maka kesimpulan yang akan didapatkan adalah tentang katuranggan.

Saat ini mitos katuranggan memang masih banyak yang mempercayainya dan mungkin memang masih terbukti dilapangan. Namun, pada era sekarang ini anda harus lebih logis dalam tata cara beternak atau merawat ayam aduan.

Beberapa orang mengatakan bahwa warna mata ayam yang kehitaman menandakan bahwa ayam tersebut memiliki mental yang rendah. Jawabannya? Bisa benar dan bisa juga salah.

Mengapa Demikian?
Karena pada masa sebelum datangnya ayam bangkok, ayam lokal merupakan ayam aduan dengan ciri warna mata hitam. Kualitas ayam lokal memang saat itu tidak sebanding dengan kualitas mental ayam bangkok. Hal ini yang mungkin mendasari beberapa orang penghobi ayam yang mengatakan bahwa ayam dengan mata hitam memiliki nyali yang rendah.

Namun kenyataannya pada saat ini sudah banyak silangan ayam bangkok dan ayam kampung yang akhirnya memiliki gen campuran. Itu artinya ciri-ciri fisik ayam saat ini tidak begitu mempengaruhi mental yang dimiliki oleh ayam tersebut.

Sekarang ini, ayam bangkok saja sudah ada yang memiliki mata berwarna hitam dan tetap memiliki mental bertarung yang bagus.

Lalu, Apa Pengaruh Warna Mata Ayam?

Salah satu pengaruh dari warna mata ayam adalah minat penghobi ayam sendiri dari ayam tersebut. Beberapa penghobi ayam ada yang menilai jelek tentang ayam bermata hitam, tapi ada juga penghobi ayam yang tidak mempermasalahkan warna mata ayam asalkan matanya jernih dan terlihat segar.

Warna mata pada ayam sendiri sebenarnya hanyalah pigment saja. Artinya warna mata tidak mempengaruhi nilai terbaik dari ayam tersebut. Sama halnya dengan warna mata pada manusia, ada yang berwarna hitam, coklat, biru dan lain sebagainya.

Ayam dengan mata yang berwarna hitam tersebut bisa saja ayam berkualitas dari hasil silangan dengan ayam lokal atau ayam import yang memiliki warna mata hitam. Jika indukan berkualitas, maka warna mata tidak akan mempengaruhi kualitas terbaik dari ayam tersebut.

Sebaiknya bukan warna mata yang harus anda perhatikan dengan baik, tetap mata yang jernih dan bersihlah yang harus anda perhatikan.

Beberapa waktu lalu agen sabung ayam mendapati sebuah pada pertarungan sabung ayam online, dimana ayam bangkok dengan warna mata hitam bertarung dengan sangat baik di arena sabung ayam dan dapat mengalahkan musuhnya.